Sunday, November 2, 2014

Harum yang khas...

Inget bau tanah sehabis tersiram hujan tidak? Khas sekali, bukan? Saya suka sekali menciumnya padahal menurut suami, bau yang demikian mengandung bakteri berbahaya..Ada istilah dari bahasa Yunani disebut petrichor yaitu bau ketika hujan turun setelah musim kering yang berkepanjangan. Bau ini berasal dari sepasang reaksi kimia.

Beberapa tanaman mengeluarkan minyak ke udara dan ketika hujan turun terjadi reaksi. Reaksi kedua adalah ketika bahan kimia yang diproduksi oleh bakteri tanah actinomycetes dilepaskan. Senyawa aromatik ini bergabung untuk menciptakan aroma petrichor ketika hujan turun.Ini hasil googling yang saya dapat tetapi tidak menyebutkan bahwa itu berbahaya.

Sekarang setiap pulang kerja terasa harum pohon di wilayah kampus UI, Depok...hm...rasanya nyamaan sekali.... Tak kan pernah kulupa harum tersebut.

Ada lagi harum yang tak kan terlupa yaitu harum minyak telon sewaktu Ceza dan Cheryl masih bayi. Sampai-sampai Tulang enteng minta supaya kasur bekas mereka tidur jangan diganti karena masih kangen katanya..hhehee..

Bau khas lain yang tetap ingat adalah parfum deodoran papa..hhii..harum banget...ah, itu sih karena saya berlebihan saja ya...hhahahaa...


No comments:

Post a Comment